Mengenal Jerapah



Jerapah menjulang di atas dataran Afrika. Hewan-hewan jangkung ini diidentifikasi dengan leher panjang, sama-sama panjang dan kurus, dan mantel berbintik. Sebagian besar jerapah memiliki mantel berwarna cokelat, putih, atau kuning yang terlihat dengan bentuk persegi coklat.


Ukuran

Jerapah adalah hewan hidup tertinggi di dunia, menurut Smithsonian National Zoological Park. Leher jerapah saja panjangnya 6 kaki (1,8 meter) dan beratnya sekitar £ 600. (272 kilogram). Kaki binatang itu juga 6 kaki.

Tinggi betina tumbuh hingga 4,3 m dan beratnya mencapai 1.500 pon. (680 kg), sementara jantan tumbuh setinggi 5,5 m dan beratnya mencapai 3.000 pon. (1.360 kg).

Dengan tubuh sebesar ini, masuk akal jika organ-organ jerapah dan bagian tubuh lainnya sama besarnya. Lidah mereka panjangnya 21 inci (53 sentimeter), dan lebarnya 30,5 cm. Menurut Kebun Binatang San Diego, jantung jerapah memiliki panjang 2 kaki (0,6 m) dan berat sekitar 25 pon. (11 kg). Paru-parunya dapat menampung udara 12 galon (55 liter). Sebagai perbandingan, kapasitas total paru-paru rata-rata untuk manusia adalah 1,59 galon (6 liter).

Habitat

Jerapah hidup di sabana di seluruh Afrika. Mereka menyukai semi-kering, hutan terbuka yang memiliki pohon-pohon dan semak-semak yang tersebar, membuat sabana sempurna untuk hewan-hewan ini.

Kebiasaan



Jerapah sangat sosial sehingga mereka tidak memiliki wilayah. Sekelompok jerapah secara tepat disebut menara, menurut Survei Geologi A.S. Menara biasanya memiliki 10 hingga 20 anggota. Siapa yang tinggal di menara bisa berbeda-beda. Beberapa menara terdiri dari semua wanita dan anak-anak mereka, atau semua jenis kelamin pria atau campuran. Anggota bebas untuk datang dan pergi sesuka mereka, menurut Animal Diversity Web.

Jerapah hanya tidur sekitar 20 menit atau kurang per hari, menurut PBS Nature. Tetap terjaga sebagian besar waktu memungkinkan mereka untuk selalu waspada terhadap predator. Mereka biasanya tidur dalam tidur siang cepat yang hanya berlangsung beberapa menit.

Setiap jerapah memiliki dua tanduk yang ditutupi rambut yang disebut ossicones. Jerapah jantan menggunakan tanduk mereka untuk saling bertarung satu sama lain. Mereka juga berdebat dengan mengayunkan kepala mereka satu sama lain dan melilitkan leher mereka, yang disebut "leher."

Sesudah Mengenal jerapah kita juga harus mengenal Hewan Air yaitu Ikan louhan.

Comments

Popular Posts